facebook

Pages

Sabtu, 27 Februari 2010

wujud kebudayaan

Wujud kebudayaan
Dari uraian yang telah Anda baca di atas mengenai tujuh unsur kebudayaan yang bersifat universal sebenarnya wujudnya bagaimana? Wujud kebudayaan dapat dibedakan menjadi tiga bagian yaitu:

a.
Wujud gagasan / (ideal)
Budaya dalam wujud gagasan/ide ini bersifat abstrak dan tempatnya ada dalam alam pikiran tiap warga pendukung budaya yang bersangkutan sehingga tidak dapat diraba atau difoto.

Sistem gagasan yang telah dipelajari oleh setiap warga pendukung budaya sejak dini sangat menentukan sifat dan cara berpikir serta tingkah laku warga pendukung budaya tersebut. Gagasan-gagasan inilah yang akhirnya menghasilkan berbagai hasil karya manusia berdasarkan sistem nilai, cara berfikir dan pola tingkah laku. Wujud budaya dalam bentuk sistem gagasan ini biasa juga disebut sistem nilai budaya.


b.
Wujud perilaku (aktivitas)
Budaya dalam wujud perilaku berpola menurut ide/gagasan yang ada. Wujud perilaku ini bersifat konkrit dapat dilihat dan didokumentasikan (difoto dan difilm). Contoh: Petani sedang bekerja di sawah, orang sedang menari dengan lemah gemulai, orang sedang berbicara dan lain-lain.

Masing-masing aktivitas tersebut berada dalam satu sistem tindakan dan tingkah laku.


c. Wujud benda hasil budaya (artefak)
Semua benda hasil karya manusia tersebut bersifat konkrit, dapat diraba dan difoto. Kebudayaan dalam wujud konkrit ini disebut kebudayaan fisik. Contoh: bangunan-bangunan megah seperti piramida, tembok cina, menhir, alat rumah tangga seperti kapak perunggu, gerabah dan lain-lain.

Dalam kenyataan sehari-hari ketiga wujud tersebut yaitu gagasan, perilaku dan benda hasil budaya tidak terpisahkan dan saling mempengaruhi. Contoh: salah satu unsur kebudayaan adalah sistem religi maka wujud budaya sistem religi adalah sebagai berikut:

1) gagasan : konsep tentang dewa-dewa, roh.
2) perilaku :
upacara keagamaan yang dilakukan oleh salah satu bangsa dengan konsep kepercayaan tersebut, misalnya pemujaan terhadap roh nenek moyang pada masyarakat Indonesia
3) benda hasil budaya :
dapat ditemukan contohnya pada masyarakat prasejarah di Indonesia berupa menhir, patung perwujudan nenek moyang.

Untuk memudahkan Anda memahami wujud kebudayaan tersebut silahkan Anda amati gambar 1 tentang Lingkaran kebudayaan yang terdiri dari lingkaran 1 adalah wujud gagasan, lingkaran 2 adalah wujud aktivitas dan lingkaran ke-3 adalah artefak.

Setelah Anda memahami uraian tentang wujud kebudayaan beserta contohnya di atas, cobalah Anda kemukakan wujud kebudayaan dari salah satu unsur kebudayaan universal yaitu sistem peralatan hidup misalnya pakaian. Tulislah jawaban Anda pada titik-titik di bawah ini.

Setelah Anda menuliskan jawaban di atas kemudian cocokkanlah jawaban Anda dengan keterangan di bawah ini:

1) gagasan : Konsep manusia perlu berpakaian.
  • Rasa susila: Manusia malu jika telanjang.
  • Fungsi pakaian: Melindungi tubuh dari cuaca panas, dingin dan tantangan alam, untuk mempercantik diri.
  • Memenuhi norma agama dan etika.
2) perilaku :
  • Kegiatan pabrik tekstil, penjahit, toko pakaian, peragaan busana, mencuci pakaian dan sebagainya.
3) benda hasil budaya :
  • Baju seragam, baju olahraga, baju pesta dan sebagainya.

Nah, bagaimana jawaban Anda, sudah sesuaikah? Selain contoh di atas diskusikanlahcontoh-contoh yang lain dari budaya universal tersebut dengan teman-teman belajar Anda agar wawasan Anda bertambah luas.

Sebagai kesimpulan mengenai pembahasan kebudayaan perhatikanlah bagan 3. di bawah ini.

Bagan 3. Ikhtisar tentang Kebudayaan => Gambar tabel dibuat berwarna agar menarik

Selain istilah kebudayaan maka ada istilah lain yang hampir sama yaitu peradaban. Apakah yang dimaksud dengan peradaban itu? Untuk menjawab pertanyaan tersebut Anda dapat temukan pada uraian di bawah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar