facebook

Pages

Sabtu, 19 Februari 2011

Sejarah WEB / PENDAHULUAN.


Pendahuluan.

Untuk memulai belajar pemrograman maupun membuat sebuah halaman web khususnya HTML, selain diperlukan penguasaan tentang perintah-perintah pemrograman HTML tersebut, seorang pemrogram web juga harus mengetahui arah dan tujuan serta distribusi terhadap hasil yang akan diperoleh. Untuk mencapai tujuan tersebut seorang pemrogram harus mengetahui juga teknologi yang tepat untuk digunakan dalam membantu pekerjaannya. Untuk membantu penguasaan akan hal itu khususnya para pemula dibidang web, pada bab ini akan dibahas mengenai cikal bakal adanya sebuah web, teori-teori yang berkaitan dengan web, bahkan sampai dengan aplikasi-aplikasi maupun teknologi yang terlibat didalamnya. Untuk mendukung pembelajaran pada bab ini diperlukan software-software yang sudah harus terinstal pada komputer yang dimiliki, adapaun software tersebut diantaranya :

  • Sistem Operasi yang disarankan Windows 95 ke atas, meskipun Anda dapat menggunakan sistem operasi yang lain seperti linux, karena pembahasan pada buku ini menggunakan sistem operasi Windows.
  • Browser dapat menggunakan Internet Explorer, tetapi jika anda mempunyai Browser yang lain juga dapat digunakan, seperti : Opera, Netscape, Mozila, dan lain sebagainya.
  • Editor text untuk pemula disarankan menggunakan Notepad, karena untuk mencegah supaya para pemula lebih terlatih mengetik program yang dibuat dan tidak ketergantungan software tertentu, yang cenderung selalu instant dalam membentuk kode program tertentu.
  • Serta dapat menginstal software lainya yang mendukung untuk merancang sebuah halaman web.
Sejarah WEB

Awal perkembangan web dimulai pada bulan maret 1989 saat tim berner-lee yang bekerja di laboratorium fisika partikel eropa atau yang dikenal dengan nama CERN (consei european pour la recherce nuclaire) yang terletak di genewa swiss, mengajukan protokol (bahasa atau prosedur yang digunakan untuk menghubungkan antara komputer yang satu dengan lainnya) sistem distribusi informasi internet yang digunakan untuk berbagai informasi di antara para fisikawan. Protokol inilah yang selanjutnya dikenal sebagai protokol world wide web dan dikembangkan oleh world wide web consortium (w3c). w3c adalah konsorsium dari sejumlah organisasi yang berkepentingan dalam pengembangan berbagai standar yang berkaitan dengan web. HTTP (hypertext transfer protocol) merupakan protokol yang digunakan untuk mentransfer data antara web server ke web browser. Protokol ini mentransfer dokumen-dokumen web yang ditulis atau berformat HTML (hypertext markup language). Dikatakan markup language karena HTML berfungsi untuk memperindah file teks biasa untuk ditampilkan pada program web browser. Hal ini dilakukan dengan menambahkan tag-tag (perintah khusus) pada file teks biasa tersebut.

Pengenalan WEB

Sumber daya yang ada di Internet jumlahnya sangat banyak, seperti Chating, E-mail, Milis, dan sebagainya. Salah satu sumber daya internet yang perkembangannya sangat pesat adalah www (world wide web) atau sering disebut dengan istilah web saja. Web didistribusikan dengan menggunakan pendekatan hypertext. Dimana hanya dengan menggunakan suatu teks yang tidak terlalu banyak/singkat bisa dijadikan acuan untuk membuka dokumen yang lain. melalui pendekatan hypertext ini seorang user dapat memperoleh informasi yang diinginkan dengan cepat. Caranya bisa berpindah dari suatu dokumen ke dokumen yang lain. Dokumen-dokumen yang diperlukan informasinya tersebut dapat terletak dilokasi manapun, asalkan terletak pada jaringan internet. Jaringan web telah membentang ke seluruh penjuru dunia. Tidak hanya terbatas pada situs-situs pribadi maupun kelompok saja yang ingin mempublikasikan karya-karyanya, web juga banyak digunakan oleh perusahaan baik skala kecil maupun besar yang ingin mempromosikan produk atau untuk melakukan transaksi bisnisnya.

Aplikasi WEB

Banyak aplikasi web dibuat hanya dengan menggunakan bahasa yang disebut HTML (hypertext markup language) dengan menggunakan protokol yang disebut HTTP (Hypertext Transfer Protocol).

Software yang di gunakan

Software yang digunakan untuk membuat web banyak sekali jumlahnya, seperti : frontpage, dreamweaver, adobe golive, dll. Namun bagi para pemula dianjurkan untuk tidak menggunakan software-software tersebut terlebih dahulu. Karena kalau digunakan diawal anda belajar akan berdampak ketergantungan software bagi anda sendiri sebab semuanya serba instant untuk membuat sebuah halaman web. Oleh sebab itu disarankan menggunakan text editor notepad yang terdapat pada paket windows.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar